Kamis, 01 September 2016

Hadist tentang Pendidikan Lingkungan




Nama : Gresia Belgis Dian Sari
Nim : 1712143029
Kelas: HK 3 B



Tugas UTS
“HADIST AHKAM”
Hadist tentang Pendidikan Lingkungan

Hadist Pertama
حدثنا سعيد بن عفير قال حدثنا ابن وهب عن يونس عن ابن شهاب قال قال حميد بن عبد الرحمن سمعت معاوية خطيبا يقول: سَمِعْتُ النّبي صلى الله عليه و سلم يقول ( من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين وَإِنّمَا أَنَا قَاسِمٌ وَاللهِ يُعْطِي وَلَنْ تَزَالُ هَذِهِ الأْمّةُ قَائِمَةً عَلَى أَمْرِ اللهِ لاَ يَضُرُّهُمْ مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى يَأتِي أَمْرُ اللهِ )

Artinya: Sa’id bin ‘Afir bercerita bahwa Ibnu Wahab bercerita dari dari Yunus dari Ibnu Sihab mengatakan bahwa Humaid bin Abdur rahman mendengar dari Mu’awiyah berkata: saya pernah mendengar Nabi bersabda:” siapa yang menghendaki kebaikan dari Allah, maka hendaknya dia harus menjadi pandai dalam hal keagamaan, saya(Muhammad) yang membagikan Ilmu Allah yang telah diwahyukan kepadaku, dan Allah yang memberi. Tidak akan musnah Ilmu ini, jika masih ada yang menjaganya. Dan tidak akan membawa bencana pada generasi sesudahnya, kecuali sampai datang perkara Allah.

Hadist Kedua
عن إبن مسعود عقبة بن عمر رضي الله و الانصاري البدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلّي الله عليه وسلّم: مَنْ دَلَّ عَلَي خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ, رواه مسلم
Artinya: dari Ibnu Mas’ud, Uqbah bin Umar ra dan al-anshari albadri ra mengatakan bahwa Rasululah saw bersabda” siapa saja yang mengarahkan dalam kebaikan, maka pahalanya seperti yang melakukannya.





Hadist Ketiga
عن عبد الله بن عُمَيرة عن زوج ذُرّةَ بنت أبي لَهَب، عن درة بنت أبي لهب  قالت: قام رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم وهو على المنبر، فقال: يا رسول الله، أيّ الناس خير؟ فقال: "خَيْرُ النَّاسِ أقْرَؤهُمْ وأتقاهم للهِ، وآمَرُهُمْ بِالمعروفِ، وأنْهَاهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ، وَأَوْصَلُهُمْ لِلرَّحِمِ".

Artinya: dari Abdulah bin umairah dari Dzurrah binti Abu Lahab mengatakan: seorang laki-laki berdiri pada Nabi ketika Nabi diatas mimbar, kemudian dia menanyakan, wahai Rasululah, siapa Manusia yang baik itu? Rasul menjawab” sebaik baik Manusia adalah yang lebih banyak membaca dan bertaqwa karena Allah, menyuruh pada kebaikan dan melarang pada kemunkaran, dan menjaga silaturrahim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar