Senin, 05 September 2016

Tugas Sosiologi Hukum tentang Contoh Solidaritas



Aksi Solidaritas Masyarakat Indonesia Gerakan
 #Suara Melawan Asap



Sebelum ke pokok pembahasan, Lebih baik mengetahui pengertian solidaritas, Apa sih pengertian Solidaritas ? Solidaritas menurut Emile Durkheim adalah keterpanggilan rasa bahwa manusia makhluk sosial  pada suatu keadaan hubungan antara individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Di Indonesia sendiri menurut saya menganut Solidaritas Mekanis karena setiap ada bencana ataupun kasus pelanggaran yang lain setiap masyarakat didaerahnya pasti peduli dan merasa senasib dan sepenanggungan.








Bukan hal yang baru lagi bahwa masyarakat indonesia sangat antusias peduli sesama, Contoh Kasus, Pada tahun 2015 bulan Agustus terjadi bencana kabut asap di Sumatera dan Kalimantan akibat sebagian besar karena ulah manusia yang sengaja membakar lahan dan hutan, Hal ini semakin diperparah dengan musim kemarau yang membawa cuaca kering. Selama 2 bulan lebih masyarakat di Sumatera dan Kalimantan menghirup asap dan banyak korban jiwa termasuk anak-anak yang meninggal karena sesak nafas pemerintah sendiri tidak tegas dalam menindak lanjuti kasus ini, perekonomian di Sumatera dan Kalimantan tidak berjalan karena Kabut asap yang menyelimuti mencapai 80-85%, bencana kabut asap juga telah melumpuhkan jalur transportasi, khususnya penerbangan. Disinilah hati masyarakat indonesia tergerak, kepedulian masyarakat Indonesia semakin meluas seiring kabar bencana asap yang telah mengganggu kesehatan warga sekitar lokasi pembakaran. Satu persatu kelompok masyarakat melakukan aksi penggalangan dana, protes dan juga aksi solidaritas untuk membantu. Kemudian munculah gerakan Suara Melawan Asap. Apakah #SuaraMelawanAsap? ini adalah gerakan yang mengajak masyarakat untuk semakin peduli terhadap masalah asap di Kalimantan dan Sumatera.  Banyak aktivis lingkungan, mahasiswa, artis, maupun masyarakat awam untuk membantu masyarakat yang terkena dampak kabut asap baik lewat pemberian 1000 masker terhadap pengendara dan tabung oksigen, hingga penggalangan dana. Selain terjun langsung ke Lapangan para akitivis juga menyiarkan aksi Solidaritasnya melalu sosial media.







Gerakan  #SuaraMelawanAsap menunjukan bahwa masalah asap ini bukan cuma milik orang-orang yang ada di Kalimantan atau Sumatera saja tapi masalah bersama masyarakat indonesia. Disinilah masyarakat indonesia mempunyai solidaritas yang sangat tinggi dalam kepeduliannya membantu masyarakat yang terdampak kabut asap. Bahwa indonesia akan tetap menjadi bangsa yang bersatu dalam NKRI dengan terciptanya solidaritas. dalam perkembangan historisnya, indonesia mengalami banyak tantangan dalam membangun solidaritas. untuk menumbuh kembangkan rasa solidaritas ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya melakukan pendekatan kebijakan, pendidikan, dan sosial kemasyarakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar